Sabtu, 19 Oktober 2024, Seleksi kompetensi dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kementerian Agama Nusa Tenggara Barat berlangsung di Asrama Haji hingga Jum’at, 25 Oktober 2024. Proses seleksi ini merupakan bagian dari rangkaian penerimaan CPNS tahun anggaran 2024. Semua peserta yang lolos tahap administrasi akan melanjutkan tes SKD yang berbasis komputer atau Computer Assisted Test (CAT). Tes CAT ini menjadi salah satu metode seleksi yang sudah diterapkan dalam beberapa tahun terakhir untuk meningkatkan akurasi dan transparasi dalam penerimaan CPNS.

Ada sebanyak empat sesi perhari yang mengikuti ujian dengan jumlah peserta 400 orang per sesinya. Sementara itu untuk peserta dari UIN Mataram sendiri ada sekitar 383 pendaftar. Pelaksanaan SKD untuk Kementerian Agama dimulai sesi ke 2 yang diikuti 51 peserta pada sesi ini. Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan, Keuangan dan Kepegawaian (AUPKK) Drs. H. Subuhi, M.Pd.I melakukan kunjungan ke titik lokasi ujian. Beliau berharap agar pelaksanaan SKD hari ini dapat berjalan lancar. Terutama peserta yang mendaftar di UIN Mataram agar dapat mengikuti tes tanpa ada kendala sedikit pun. Tutur beliau.

Dengan jumlah peserta yang cukup besar, panitia berharap agar semua peserta dapat mengikuti proses ujian dengan tertib. Kemenag juga menambahkan aturan berpakaian yaitu setiap peserta wajib menggunakan pita hijau ditangan kirinya. Mereka juga diharapkan tetap mematuhi seluruh aturan yang telah ditetapkan selama pelaksanaan tes berlangsung dan jangan sampai terlambat.@humasa