Salah satu kiat menjamin keberlangsungan Perguruan Tinggi adalah dengan melakukan penguatan kapasitas organisasi. Hal ini merupakan kerja simultan dan berkelanjutan bagi seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia. Dua Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri atau PTKIN yaitu UIN Salatiga dan UIN Mataram bertukar pikiran serta pengalaman dalam bidang penguatan kapasistas organisasi dalam acara kunjungan kerja UIN Salatiga ke UIN Mataram hari Kamis 8 Agustus 2024.

Diterima langsung oleh Rektor UIN Mataram, Bapak Prof.Dr.H. Masnun, M.Ag., di Ruang Rapat Rektor, hadir dari UIN Salatitiga yaitu Wakil Rektor 1 Prof. Dr. H. Saerozi, M.Ag. didampingi Kapus Audit Mutu LPM UIN Salatiga Dr. Waryunah Irmawati dan Muhammad Tobi. Di samping Bapak Rektor, Rombongan UIN Salatiga diterima langsung oleh WR I (Prof. Dr. H. Adi Fadli), Dekan FUSA (Dr.H. Lukman Hakim, M.Pd.), Wadir Pascasarjana (Prof. M.Abdun Nasir, Ph.D.), Sekretaris LPM (Prof. Dr. Abdul Fattah, M.Fil.I). didampingi Kapus Pendampingan Mutu Kemahasiswaan LPM UIN Mataram Dr. Agus, M.Si.), WD I FEBI (Dr.Bq. ElBadriyati), dan perwakilan Kabag dari beberapa Fakultas.

Kegiatan ini dimulai dengan penyampaian sambutan dari kedua belah pihak, dimana masing-masing menarasikan tujuan dan harapan terkait dengan pertemuan ini dalam rangka memperkuat silaturrohmi akademik sekaligus memperkokoh ikhtiar pengimplementasian budaya mutu di masing-masing kampus, tentu juga dalam rangka menjalankan amanah Undang-Undang serta Permendikbudristek No 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.

Dalam sambutannya, Rektor UIN Mataram sangat mengapresiasi kunjungan UIN Salatiga, yang diwakili WR I, yakni Prof. Dr.H. Saerozi dan rombongan. “Ini merupakan anugerah tersendiri buat sivitas akademika UIN Mataram, terlebih dengan sharing pengalaman sehingga 14 Prodi di lingkungan UIN Salatiga telah mendapatkan Akreditasi Unggul. Di UIN Mataram sendiri ada 9 Prodi yang Unggul, Dimana 1 Prodi, yakni S3 PAI baru 30 menit lalu pada hari ini, Kamis 08 Agustus 2024, keluar hasil akreditasi unggulnya”.  “Tentunya ikhtiar bersama, doa, serta kerjasama semacam ini idealnya akan terus kita tingkatkan dalam rangka menjalankan Amanah Undang-Undang serta memastikan “sustainability” (keberlanjutan) kedua Lembaga tetap berlangsung di era digital ini”, ungkap Prof. H. Masnun, M.Ag. selaku Rektor UIN Mataram. Selaku Ketua Rombongan, Prof. Saerozi (WR I UIN Salatiga) menyampaikan ungkapan terima kasih yang tiada terhingga kepada UIN Mataram karena telah berkenan menerima kehadiran “sahabat karib” nya. Karena saking dekatnya, maka untuk berkunjung, cukup menggunakan WA saja, tidak perlu surat resmi”, kelakar Prof Saerozi. “Dari aspek yang lain UIN Mataram (termasuk LPM nya) memiliki lompatan-lompatan yang membanggakan, baik secara personal maupun secara kelembagaan. Secara personal, Rektornya adalah “Kyai atau Tuan Guru” yang telah berhasil menciptakan situasi dan lingkungan yang damai, karena secara personal juga berhasil merangkul semua kekuatan dan semua ormas besar di UIN Mataram. Begitu juga, secara institusional, UIN Mataram semakin menunjukkan kemajuannya. Hal ini misalkan pernah berada pada urutan ke 2 hingga ke 6 (dari 59 PTKIN) dalam penerimaan mahasiswa baru tahun 2024. Begitu juga, Prodi-prodinya semakin banyak yang terakreditasi Unggul”. Di ujung pertemuan di akhiri dengan harapan dan bersama semoga kedua institusi (UIN Mataram dan UIN Salatiga) akan memperoleh hasil unggul dalam raihan Akreditasi Perguruan Tinggi keduanya di tahun 2024 ini. Begitu juga diadakan sesi “Pemberian Cinderamata” antara kedua belah pihak sebagai wujud nyata mengapresiasi eksistensi masing-masing.@humas