UIN Mataram: Rektor UIN Mataram prof Dr H Masnun Tahir, M.Ag. bersukur terhadap expose Webometrics yang telah merilis peringkat perguruan tinggi terbaik Juli 2024. Dari ribuan universitas di dunia, beberapa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) berhasil masuk dalam peringkat tersebut, salah satunya adalah UIN Mataram. Selasa, 06/08/2024.



Dalam penilaiannya, Webometrics bekerja sama dengan Cybermetrics Lab, kelompok penelitian yang tergabung dalam Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan penelitian publik terbesar di Spanyol. Lembaga tersebut telah melakukan pemeringkatan terhadap 32 ribu perguruan tinggi dari 200 negara.

Adapun indikator Webometrics Juli 2024 seperti dilansir dari laman resminya adalah pertama Visibilitas, yaitu dampak konten dalam situs kampus. Metodologi yang diterapkan adalah memperhitungkan dampak jumlah jaringan eksternal (subnet) yang terhubung ke halaman web institusi (nilai rata-rata yang dinormalisasi dipilih). Bobot indikator ini 50%.

kedua adalah Transparansi yaitu menghitung peneliti-peneliti yang paling disitasi. Indikator ini memperhitungkan jumlah kutipan 310 penulis teratas. Sumber indikator berasal dari Google Scholar Profiles dan bobotnya 10%.

Ketiga adalah keunggulan yaitu publikasi ilmiah yang paling banyak disitasi. Data untuk indikator ini diambil dari periode 2019-2023. Sumber pengukurannya menggunakan Scimago dan berbobot 40%.



Prof Masnun menilai bahwa dari tahun ke tahun UIN mataram mengalami peningkatan signifikan, Alhamdulillah sekarang masuk nominasi 20 PTKIN Terbaik Versi Webometrics 2024 memperoleh peringkat dunia: 6.347 dan Peringkat Nasional: 162 dan P[eringkat PTKIN Indonesia berada pada Posisi No. 19. Disadur dari detik.com – Adita@Humas