Kota Bima, 02 Agustus 2024 – Langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Nusa Tenggara Barat, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (FTK UIN) Mataram bekerja sama dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi NTB dan Pemerintah Kota Bima melakukan Kerjasama dalam  pembelajaran profesi dengan skema pembiyaan dari APBD untuk bapak ibu guru PAI yang bertugas di  Pemda Kota Bima  pada  Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) tahun 2024. Inisiatif ini bertujuan untuk mentransformasi dan meningkatkan kompetensi para guru di wilayah tersebut.

Pertemuan yang diadakan di Kota Bima yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan  Kota Bima Drs. Supratman, M.AP, Kankemenag Kota Bima yang diwakili Kasi PAKIS bapak H. Najamuddin, M.Pd. Sementara dari   Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram dipimpin langsung oleh bapak Dekan Dr. H. Jumarim, M.HI dan di dampingi oleh  Wakil Dekan Bagian Kerjasama dan Kemahasiswaan, Kabag Tata Usaha, Analis Kepegawaian dan Sekertaris Program Studi PPG, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram, Dekan FTK UIN Mataram, Dr. H. Jumarim, M.HI dalam  sambutannya memberikan apresisasi kepada Pemerintah Kabupaten Kota Bima yang di wakili oleh bapak  kepala Dinas Dikpora beserta jajarannya,  Kerjasama ini sebagai tindak lanjut kegiatan Program PPG dengan anggaran APBD Pemerintah Kota Bima, kesuksesan program PPG tidak lepas dari keberhasilan LPTK Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram yang telah berhasil menyukseskan kegiatan PPG yang meluluskan mahasiswa di atas 90 % pada awal tahun 2024.

Dekan FTK UIN Mataram, Dr. H. Jumarim, M.HI., menyatakan bahwa kerjasama ini diharapkan dapat membawa dampak positif yang signifikan bagi dunia pendidikan di NTB. “Kami berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh kepada para guru agar mereka dapat menjadi agen perubahan yang efektif di sekolah masing-masing,” ujar Dr. H. Jumarim, M.HI.

Kerjasama ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk menjawab tantangan pendidikan di era modern, di mana guru dituntut untuk tidak hanya menguasai ilmu pengetahuan, tetapi juga metode pengajaran yang inovatif dan relevan dengan perkembangan zaman. Program PPG ini dirancang untuk memberikan pelatihan dan sertifikasi kepada guru-guru Pendidikan Agama Islam (PAI), guna memastikan bahwa mereka memiliki keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk mendidik generasi mendatang.

Program PPG 2024 ini berfokus pada beberapa aspek utama, termasuk peningkatan kualitas pogik, penguasaan teknologi dalam pembelajaran, serta pengembangan karakter dan spiritualitas guru. Melalui kolaborasi ini, para guru akan mendapatkan akses ke pelatihan intensif yang dipimpin oleh para ahli di bidang pendidikan dan agama Islam.

Kepala Bidang PAKIS Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi NTB, melalui Kasi PAKIS H. Muhammad Azzudin S.Ag., M.Ag., menambahkan bahwa dukungan dari berbagai pihak sangat penting untuk keberhasilan program ini. “Kami percaya bahwa dengan kolaborasi yang solid antara lembaga pendidikan, pemerintah, dan masyarakat, kita dapat menciptakan ekosistem pendidikan yang lebih baik,” katanya.

Pemerintah Kota Bima juga menyambut baik program ini dengan menyediakan fasilitas pendukung pembiayaan melalui APBD bagi pelaksanaan PPG untuk guru PAI di Pemerintah Kota Bima. Kepala Dinas Pendidikan Kota Bima Drs. Supratman mengungkapkan optimismenya bahwa program ini akan meningkatkan standar pendidikan dan menghasilkan lulusan yang berkualitas tinggi.@humas