Kuala Lumpur, 31 Juli 2024 — Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram dan Universiti College MAIWP International mengadakan pertemuan penting untuk membangun kerjasama dalam bidang manajemen bisnis Islam dan penelitian wellness tourism antarnegara. Pertemuan tersebut dihadiri oleh Prof. Madya Dr. Nurul Aliah Mustafa, beserta tim dari Universiti College MAIWP International, dan Prof. Dr. Riduan Mas’ud, M.Ag., Dekan FEBI UIN Mataram, didampingi Muhamad Johari Kaprodi Pariwisata Syariah dan Wahyu Khalik Sekretaris Prodi Pariwisata Syariah FEBI UIN Mataram.

Tujuan Kerjasama ini bertujuan untuk memperkuat kemampuan akademik dan penelitian kedua institusi dalam menghadapi tantangan dan peluang di industri bisnis Islam dan wellness tourism yang sedang berkembang pesat. Kedua belah pihak sepakat bahwa integrasi pengetahuan dan pengalaman adalah kunci untuk mengembangkan kurikulum yang relevan serta penelitian yang berdampak tinggi.

Dalam kesempatan ini, Fokus Kerjasama terletak Program Penelitian Wellness Tourism sebagai salah satu sektor yang berkembang pesat, wellness tourism menawarkan banyak peluang untuk penelitian yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kerjasama ini akan fokus pada studi lintas negara untuk memahami dinamika dan tren yang mempengaruhi sektor ini, serta dampaknya terhadap ekonomi dan budaya setempat.

Terdapat juga Pertukaran Akademik dan Penelitian guna memperkaya wawasan dan pengalaman akademik, program pertukaran dosen dan mahasiswa akan diselenggarakan. Ini termasuk kuliah tamu, lokakarya, dan seminar bersama, yang memungkinkan berbagi pengetahuan dan best practices.Publikasi dan Konferensi Ilmiah: Hasil penelitian dari kerjasama ini akan dipublikasikan di jurnal-jurnal internasional terkemuka, serta disajikan dalam konferensi akademik, untuk memastikan penyebaran pengetahuan yang luas dan pengaruh positif pada kebijakan.

Prof. Dr. Riduan Mas’ud, M.Ag., menyatakan antusiasmenya terhadap potensi kerjasama ini. “Kami sangat bersemangat untuk bekerja sama dengan Universiti College MAIWP International. Ini adalah langkah penting bagi FEBI UIN Mataram untuk memperluas cakrawala akademik dan memberikan kontribusi nyata pada pengembangan manajemen bisnis Islam dan wellness tourism,” ujarnya.Prof. Madya Dr. Nurul Aliah Mustafa, dari Universiti College MAIWP International, juga menyampaikan apresiasinya. “Kerjasama ini akan membuka peluang besar untuk inovasi dan pengembangan dalam pendidikan dan penelitian. Kami berharap kolaborasi ini akan membawa manfaat yang signifikan bagi kedua institusi dan masyarakat luas,” katanya.

Pertemuan yang berlangsung di ruang meeting Universiti College MAIWP International ini menandai awal dari perjalanan panjang dan produktif dalam menjalin hubungan akademik dan penelitian yang kuat. Kedua institusi berkomitmen untuk terus berkolaborasi demi mencapai tujuan bersama dan memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan pendidikan tinggi dan industri terkait di kancah internasional.