Mataram, 12 Juli 2024 – Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram melakukan kunjungan field studi ke Institut Aminudin Baki (IAB) Malaysia. Kunjungan ini bertujuan untuk menjajaki kerjasama dalam rangka pengembangan tenaga pendidik dan manajemen pendidikan. Dalam kunjungan tersebut, rombongan FTK UIN Mataram dipimpin langsung oleh Dekan FTK, Dr. H. Jumarim, M.H.I.

Dr. H. Jumarim, M.H.I, dalam sambutannya menyampaikan, “Kita melakukan penjajakan kerjasama dengan IAB karena adanya kemiripan urusan kami. Kita sebagai Fakultas Tarbiyah dan Keguruan yang mengurusi bidang pendidikan khususnya pengembangan tenaga pendidik guru. Sementara IAB adalah institusi di Malaysia yang diberikan tugas khusus dalam rangka training center penguatan pendidikan guru dan tenaga kependidikan, terutama kepala sekolah beserta ilmu manajemen pendidikan di sekolah.”

Lebih lanjut, Dr. H. Jumarim menambahkan bahwa dengan adanya Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang dikelola oleh FTK UIN Mataram, pihaknya berharap dapat mempelajari teknik, materi, strategi, dan pembinaan guru yang memiliki kualifikasi untuk menjadi kepala sekolah. “Kami berharap, dengan adanya program PPG yang kami kelola, kita bisa belajar bagaimana teknik, materi, strategi, dan pembinaan guru yang memiliki kualifikasi untuk menjadi kepala sekolah karena IAB yang memang sebagai institusi yang memiliki spesifikasi dalam bidang tersebut,” ujar Dr. H. Jumarim.

Kunjungan ini diharapkan dapat membuka peluang kerjasama yang lebih luas antara FTK UIN Mataram dan IAB dalam bidang pendidikan. Kerjasama ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan, khususnya dalam pengembangan tenaga pendidik dan manajemen pendidikan di sekolah.

Selama kunjungan, rombongan FTK UIN Mataram juga berkesempatan untuk mengikuti serangkaian sesi diskusi dan workshop yang difasilitasi oleh IAB. Kegiatan ini memberikan wawasan baru dan memperkaya pengalaman para pimpinan dan dosen FTK UIN Mataram dalam bidang pendidikan dan pengelolaan lembaga pendidikan. Andre-Adita@Humas