Mataram: Kegiatan Ujian Seleksi Sistem Elektronik (SSE) oleh Panitia Nasional Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN) resmi dimulai hari ini. Pembukaan Ujian SSE UM-PTKIN dibuka langsung oleh Menteri Agama Republik Indonesia, H. Yaqut Cholil Qoumas, di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung. Beliau didampingi oleh Direktur PTKI, Prof. Dr. H. Ahmad Zainul Hamdi, Sekretaris Forum Rektor, Prof. Dr. H. Sumper Mulia Harahap, Ketua Panitia SPAN-UMPTKIN, Prof. Dr. Hj. Nyayu Khodijah, dan Rektor UIN Bandung, Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, M.Ag.


Panitia Nasional menginstruksikan agar semua panitia lokal serta Penanggung Jawab (PJ) TIK, SSE, dan HUMAS wajib mengikuti pembukaan secara online yang dimulai pukul 09.00 WIB. Instruksi ini bertujuan untuk memastikan seluruh elemen yang terlibat dapat memahami dan melaksanakan tugasnya dengan baik.
Plh Rektor yang juga menjadi ketua panitia lokal, Prof. Dr. H. Adi Fadli, M.Ag., didampingi oleh wakil rektor dua dan tiga pada saat mengikuti acara pembukaan menyatakan bahwa proses persiapan dan kesiapan seluruh perangkat pendukung ujian SSE di UIN Mataram sudah sangat matang. “Kami telah menyiapkan semua perangkat dan fasilitas pendukung ujian dengan optimal. Para petugas dan pengawas ruangan telah disiagakan untuk melaksanakan ujian dalam tiga sesi setiap harinya,” ujar Prof. Dr. H. Adi Fadli.


Pelaksanaan Ujian SSE UM-PTKIN ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan kualitas seleksi masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di Indonesia. Ujian ini diharapkan dapat berjalan lancar dan menghasilkan calon mahasiswa berkualitas yang siap berkontribusi bagi kemajuan pendidikan dan bangsa. Adita@Humas