Bertempat di Meeting Room School of Education (SOE) Universiti Utara Malaysia, pada tanggal 29 Mei 2024, enam orang dosen dan 5 orang mahasiswa FTK UIN Mataram sukses mendiseminasikan hasil penelitiannya di forum internasional. Dalam forum ilmiah ini, Prof. Dr. Saparudin, M.Ag., Wakil Dekan 1 FTK UIN Mataram juga memenuhi undangan menjadi Keynote Speaker pada acara International Colloquium on Education 5.0. Beliau menyampaikan topik tentang Contemporary Islamic Education: Challenges, Dilemma and Movement. Sementara dari perwakilan UUM, Prof. Dr. Fauziah Bt. Abdul Rahim sebagai keynote speaker membahas tentang isu Eksistensi Artificial Intelligence di dunia pendidikan. Sesi keynote ini menjadi sangat menarik karena kedua pembicara mengangkat isu kontemporer di dunia pendidikan secara umum dan pendidikan islam secara khusus.

Kolokium internasional ini merupakan kolaborasi internasional antara Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram dan School of Education Universiti Utara Malaysia (UUM). Keynote speech ini mengawali kegiatan International Dissemination of Research Findings yang merupakan kegiatan tahunan FTK UIN Mataram ke berbagai universitas di luar negeri. Setelah tahun lalu sukses diadakan di Universiti Pendidikan Sultan Idris, Malaysia dan dilanjutkan dengan international team teaching di UIN Mataram, maka tahun ini FTK UIN Mataram melebarkan Kerjasama internasional ke Universiti Utara Malaysia. Salah satu kegiatan yang terlaksana adalah joint international colloquium. Forum ini menjadi sangat strategis karena para pembicara memaparkan hasil penelitiannya. Sebanyak 6 orang dosen dan 5 orang mahasiswa menjadi perwakilan dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram.

Mereka adalah Erwin Padli, M.Hum (PAI) dengan judul paper Religious Moderation Based On Local Wisdom In Lombok, Ali Harris, M.Si. (Tadris IPA Biologi) dengan judul paper Risk factors for Stunting in Indonesian children: Case study in East Lombok Regency, Muh. Zainur Rahman, M.Pd. (Tadris IPS Ekonomi) dengan judul paper Interaction of Students and Lecturers In Implementing Character Education, Dr. M. Syawahid, M.Pd. (Tadris Matematika) dengan judul paper Students Functional Thinking in solving a Linear Pattern Problem, Irwan, PhD (Tadris Fisika) dengan judul paper Driven Automation using IoT in Modern Vertical Farming, dan Soni Ariawan, M.Ed. (TBI) dengan judul paper EFL Students’ Academic Procrastination in Thesis Writing:  Problems and Solutions.

Adapun 5 orang mahasiswa dari Fakultas Tarbiyah dan Kegurun UIN Mataram adalah Ahmad Hilman Halim (PAI) dengan judul paper The Effectiveness of the Student Association of Islamic Education Department in Mobilizing Public Speaking Skills of Islamic Education Students at the Faculty of Teaching and Education Sciences, UIN Mataram, Aisyah Rahmani (PBA) dengan judul paper Implications quizzes application as media evaluation in vocabulary learning at Junior high school, Siti Maesaroh (Tadris Matematika) dengan judul paper Insights into Cooperative Learning Practices in Secondary Schools: A Systematic Literature Review Study in Indonesia and Malaysia, Nurfadila Arifin (Tadris IPA Biologi) dengan judul paper The Effect of Using E-Modules in Biology Learning on the Critical Thinking Skills of High School and University Students: A Meta-Analysis dan Baiq Rumena Kerta Sari (Tadris IPS Ekonomi) dengan judul paper Financial Literacy on Halal Culinary Businesses in Lombok Island. Forum ilmiah lintas negara ini menjadi kesempatan yang berharga bagi dosen dan mahasiswa FTK karena bukan hanya sebagai ajang diseminasi hasil penelitian, tetapi juga sebagai Langkah kongkret dalam mengakselerasi kolaborasi riset dan publikasi internasional. Para pembicara dari kedua institusi akan saling menjadi kolaborator penelitian dan publikasi jurnal. Target jangka pendek ini adalah dosen dan mahasiswa FTK UIN Mataram akan kolaborasi dengan dosen dan mahasiswa School of education UUM menjadi presenter di kegiatan 2nd International Conference on Islamic Education and Science Development (ICONSIDE) FTK UIN Mataram dan publikasi di jurnal-jurnal FTK UIN Mataram.