UPT Teknologi Informasi Pangkalan Data (TIPD) UIN Mataram telah melaksanakan FGD One Stop Service Helpdesk Sistem Informasi pada Rabu, 29 Nopember 2023 dengan menghadirkan Nara Sumber Kepala Pusat Teknologi Informasi (PUSTIK) Universitas Negeri Mataram. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan layanan berbasis teknologi di UIN Mataram.

Dalam kesempatan kegiatan ini Wakil Rektor 1 UIN Mataram Prof. Dr. H. Adi Fadli yang mewakili Rektor membuka kegiatan ini menyatakan, pentingnya setiap unit layanan yang ada di lingkungan UIN Mataram memahami bahwa layanan digital tidak dapat dihindari, oleh karena itu dari masing-masing kita harus benar-benar memahami proses bisnis agar dapat memaksimalkan pemanfaatan teknlogi informasi dalam memberikan layanan. Beliau juga menambahkan bahwa kita harus terus bergerak memaksimalkan semua akses informasi melalui sistem yang terintegrasi.

Rektor UIN Mataram Prof. Dr. H. Masnun menguatkan hal tersebut dengan mengingatkan kepada kita semua bahwa IT di perguruan tinggi termasuk di UIN Mataram merupakan penyangga utama, sehingga pengembangan IT menjadi concern dari semua kita, khususnya unsur pimpinan.

Sebagai penyangga utama pengembangan IT memang tidak murah, selain memang prangkat-prangkatnya terus bertambah, juga harus memiliki sistem keamanan yang dapat menangkal serangan-serangan yang dapat menggangu sistem IT di lembaga. Selain itu pengguna setiap tahun terus berkembang karena kepercayaan masyarakat terhadap UIN Mataram terus meningkat.

Pemanfaatan layanan IT di kampus tentunya penting didukung oleh pemahaman yang baik mengenai bisnis proses oleh setiap unit. Demikian pula jika akan melakukan pengembangan IT lebih baik dilakukan pengembangan sendiri, tidak perlu membeli sistem atau program dari luar. Demikian disampaikan oleh Nara Sumber. Akan tetapi program yang dikembangkan tersebut penting berbasis kepada kebutuhan pengguna. Oleh karena itu penting penguatan SDM di Unit IT.

Pengalaman dan informasi layanan IT di UNRAM ini menjadi bahan menambah pengetahuan dan wawasan bagi UIN Mataram khususnya bagi tim UPT TIPD UIN Mataram. Pengalaman dan informasi ini akan dapat dijadikan pembanding layanan IT di UIN Mataram menuju layanan yang semakin baik dan berkualitas.

Kegiatan FGD ini kemudian dilanjutkan dengan Diskusi yang dikelompokkan menjadi tiga kelompok FGD, didasarkan kepada kesamaan karakteristik unit. Grup I terdiri dari Tim Fakultas, Pascasarjana dan Kopertais. Grup II: LPM, LP2M, P2B, Pusat Pengembangan Bisnis, Lab. Terpadu, Perpustakaan. Grup III: SPI, Bagian Umum dan Kerumahtanggaan, Kepegawaian Ortala, Perencanaan dan Keuangan, Akademik dan Kemahasiswaan dan Humas.

Hasil FGD ini dijadikan sebagai bahan pengembangan helpdesk pada unit-unit yang ada di lingkungan UIN Mataram, namun hasil diskusi ini akan dijadikan sebagai dasar tindak lanjut untuk dijadikan sebagai pengembangan program kegiatan selanjutnya. (WLD)