UIN Mataram: UPT Pengembangan Bahasa Universitas Islam Negeri Mataram menyelenggarakan Forum Group Discussion (FGD) Pengembangan Bahan Ajar Tiga Bahasa (Bahasa Inggris, Bahasa Arab, dan Bahasa Indonesia). Acara ini berlangsung di Fave Hotel Mataram dibuka langsung oleh Rektor Prof Dr H Masnun tahir, M.Ag. dan dihadiri oleh sekitar 50 peserta yang terdiri dari dosen dari berbagai perguruan tinggi serta guru-guru bahasa di Lombok. Selasa, 13/08/2024

FGD ini bertujuan untuk membahas strategi dan inovasi dalam pengembangan bahan ajar untuk tiga bahasa, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab. Para peserta yang berasal dari latar belakang akademis dan pendidikan bahasa berdiskusi secara mendalam mengenai tantangan dan peluang dalam pembelajaran bahasa, serta berbagi pengalaman dan praktik terbaik dalam penyusunan materi ajar yang efektif dan relevan.

Kepala UPT Pengembangan Bahasa UIN Mataram, Dr. Muhsinin, M.A., dalam laporanya menyampaikan pentingnya penyesuaian materi ajar dengan kondisi real di lapangan, mengingat dinamika pembelajaran bahasa yang semakin berkembang seiring perubahan pola dan perilaku penuturnya. Alumni Queensland University, Australia ini juga menyampaikan bahwa kegiatan ini akan dilanjutkan dengan Festival Bahasa, sebuah acara tahunan yang kini memasuki tahun keenam.

Sambutan Rektor Prof. Dr. H. Masnun Tahir, M.Ag., yang menekankan pentingnya kolaborasi antara perguruan tinggi dan institusi pendidikan lainnya dalam menciptakan bahan ajar yang berkualitas. Rektor juga menegaskan bahwa UIN Mataram selalu berusaha bersanding, bukan bersaing, dengan perguruan tinggi lain dalam rangka memajukan pendidikan. Setelah memberikan sambutan, Rektor secara resmi membuka kegiatan FGD.

Selanjutnya beliau berharap kepada seluruh peserta untuk terus berkolaborasi dalam mengembangkan bahan ajar yang inovatif dan efektif. UPT Pengembangan Bahasa UIN Mataram berharap dengan adanya FGD ini, dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pengembangan pendidikan bahasa di Indonesia. Adita@Humas