Mataram, 25 Juni 2024 – UIN Mataram khususnya Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) menggelar acara pelepasan mahasiswa Program PPL International yang akan dilaksanakan di Sangkhom Islam Wittaya School, Thailand. Acara yang dihadiri oleh Plh Dekan FTK, Prof. Dr. Saparudin, M.Ag., dan Wakil Dekan II FTK, Prof. Dr. H. S. Ali Jadid Al Idrus, M.Pd., ini menandai komitmen FTK dalam memperluas jaringan kerjasama internasional serta memperkaya pengalaman lapangan mahasiswa.

Sejumlah 10 mahasiswa dari berbagai program studi di FTK telah dipilih untuk mengikuti PPL Internasional ini. Mereka adalah Diajeng Fitriani, Syauqi Miftahul Karim, M. Sandi Firza, Juwita Lestari, Nofa Sulistiawati, Iskandar Salamin, Syukrul Mun’im, Putri Riska Fauziah, Monika, dan Qonita Nabila. Para mahasiswa ini akan menghabiskan waktu satu bulan di Thailand, mulai dari 25 Juni hingga 25 Juli 2024, untuk meningkatkan keterampilan mengajar mereka serta mendalami pendidikan internasional.

Dalam sambutannya, Prof. Saparudin menekankan pentingnya menjaga profesionalisme dan sikap positif dalam setiap aspek kegiatan di Thailand sebagai duta dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan serta UIN Mataram. Ia juga menyoroti tujuan PPL Internasional sebagai sarana untuk menginternalisasi dan eksternalisasi nilai-nilai kebaikan dalam pendidikan, khususnya dalam konteks global.

Prof. Ali Jadid menambahkan bahwa PPL Internasional ini merupakan langkah untuk membangun hubungan kerjasama yang lebih luas dengan institusi pendidikan di luar negeri. Ia berharap agar pengalaman yang diperoleh oleh mahasiswa dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi perkembangan pendidikan di UIN Mataram serta menciptakan peluang kerjasama internasional yang lebih besar di masa depan.

Pelepasan 10 mahasiswa ini merupakan bukti nyata dari dedikasi FTK UIN Mataram dalam mencetak calon-calon guru yang berkualitas dan siap bersaing di tingkat global. Harapan besar terletak pada kontribusi mereka untuk memperkaya pengetahuan dan pengalaman di tingkat lokal maupun internasional.

Diakhir acara, FTK UIN Mataram mengucapkan selamat jalan kepada para peserta PPL Internasional ini, dengan harapan kesuksesan dan prestasi yang gemilang dalam mengharumkan nama baik UIN Mataram di dunia internasional. (Win/FTK)