Mataram, 5 Juni 2024. Semangat menyelesaikan proses ISO 21001 di lingkungan UIN Mataram terus digelorakan. Beberapa hari ini tim audit diturunkan di seluruh Fakultas dan Pascasarjana untuk melaksanakan audit. Tim Audit disambut hangat oleh Dekan dan seluruh pejabat FUSA UIN Mataram diantaranya Wakil Dekan 1 Dr. H.M.Taufik, MA., Lc., Wakil Dekan 2 Dr. Abdul Qudus, M.Pd., Wakil Dekan 3 Prof. Dr. Bahtiar, M.Pd., Ketua dan Sekretaris Prodi SA, IQT dan PPI, pada tanggal 5 Juni 2024 di Aula Rapat FUSA UIN Mataram. Dalam sambutannya Dekan FUSA UIN Mataram Dr. Lukman Hakim, M.Pd menyampaikan berterima kasih atas kunjungan Tim Audit. Kami menyampaikan terima kasih dan insyaallah kita siapkan segala kebutuhan data maupun sarana dan prasarana selama audit berlangsung. Kami menyadari bahwa manajemen prguruan tinggi modern membutuhkan transparansi dan akuntabilitas, oleh karena itu kami meyakini audit ini merupakan proses menuju manajemen perguruan tinggi yang transparan dan akuntabel tersebut. Dalam mendukung hal tersebut kami menyambut dengan sangat baik proses audit ini, ungkap Dr.Lukman Hakim, M.Pd.

Kegiatan audit diawali sambutan Ketua Tim Audit Dr. H. Saimun, M.Ag. Dalam sambutannya Ketua Tim Audit menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas sambutan dan penerimaan FUSA UIN Mataram yang sangat ramah dan melampaui ekspektasi kami. Audit akan kami laksanakan pada masing-masing Prodi dari hari ini hingga selesai, tentu ada banyak data dan informasi yang kami butuhkan, oleh karenanya kami mengharapkan kerjasama yang baik dari kita semua, ungkap Dr. H. Saimun, M.Ag. Selanjutnya Tim Audit memperkenalkan anggota tim yang terdiri dari Akmaluddin, M.Pd, Saipul Arif Watoni, M.Si, Raehanah, M.Pd, Jumaidin, M.Par, dan Didi Suardi, M.Sc.Setelah acara pembukaan anggota tim audit menyebar ke masing-masing Prodi untuk melakukan proses audit. Sedangkan untuk Tingkat Fakultas diaudit langsung oleh Ketua Tim Audit Dr. H. Saimun, M.Ag.

Dalam auditnya Dr. H. Saimun, M.Ag menyarankan agar semua kegiatan yang dilakukan dilengkapi dengan rekam proses yang jelas, siapa melakukan apa, kapan dan bagaimana, termasuk target kinerja pelaksanaan tri dharma. Semuanya harus terdokumentasi dengan baik sehingga ada bukti sahih yang bisa dipertanggungjawabkan. Selam aini kita memang belum mentradisikan cara kerja seperti ini, sementara ISO meminta sangat rinci, ungkap Dr. H. Saimun, M.Ag. Selain di FUSA UIN Mataram, audit dilaksanakan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam atau FEBI, Fakultas Syariah, Fakultas Ilmu Trbiyah dan Kependidikan dan Pascasarjana. Tim yang diturunkan untuk audit di FEBI yaitu Dr.Kristayulita, M.Si sebagai Ketua Tim dengan anggota Dwi Widarna, L.P, M.Psi. Psikolog, B.Widia Nita Kasih, M.Pd., Jamaluddin, M.Pd, Tuning Ridha Addhiny, M.Pd, dan Muhammad Awad, M.Pd.I. Pada Fakultas Syariah diturunkan Dr. Munawir Sazali, M.Si selaku Ketua Tim dengan anggota Lalu Ahmad Ramdani, ME., Abdul Hadi Sukmana, ME., Wahyu Haningsih, M.Pd., dan Syudirman, M.Pd. Pada Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) diturunkan Dr. Alfira Mulya Astuti, M.Si selaku Ketua dan anggotanya Shofia Mauziatun Hasanah, Mei, Syarifatul Mubarak, M.Pd., Novia Suhastini, M.Si, dan Muh. Wahyudi, M.Pd. Pada FTIK diturunkan Dr. Nurddin, MH selaku Ketua Tim dengan anggota Nurul Susianti, ME., Darmini, MH., Dr. Safroni, MA., H.M. Setyo Nugroho, M.Par., Ma`sum Ahmad, MH., Sabri Halim, M.I.Kom dan Dr. Nurul Imtihan, M.Pd. Sedangkan di Pascasarjana diturunkan Dr.Khairy Juanda, M.Si sebagai Ketua Tim dengan anggota Safwira Guna Putra, Mec. Dev., Multazam, M.Si., M. Dimas Hidayatullah, W., M. HI, Mutmainnah, M.Th., dan Dr. Dahlia Hidayati, M.Fil.I