Mataram: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Mataram menggelar workshop bertema “Pengenalan Instrumen Akreditasi Internasional untuk Institusi yang Berdaya Saing Global” Kegiatan ini berlangsung di Hotel Golden Palace  Mataram pada tanggal 4 April 2024. Kegiatan workshop diikuiti Rektor, Wakil Rektor, Kakiro AAKK, Dekan, Wakil Dekan, Kajur-sekjur se-FTK, Gugus Mutu Fakultas, pimpinan Lembaga dan Unit UIN Mataram, dan perwakilan dari Dosen FTK. Hadir sebagai narasumber tunggal , Dr. H. Muhammad Fakhri Husein, S.E., M.Si, yang menjabat sebagai Ketua Lembaga Penjamin Mutu UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Dekan FTK UIN Mataram Dr. Jumarim, M.H.I., menegaskan pentingnya memantau sumber-sumber yang dapat membantu mencapai cita-cita fakultas. Ia juga menekankan perlunya menjaga semangat dan girah di lingkungan fakultas agar terus berkembang.

Rektor UIN Mataram, Prof. Dr. H. Masnun, M.Ag., dalam sambutannya menyoroti pentingnya kerjasama tim yang kuat dalam menghadapi tantangan akreditasi internasional. Ia juga menargetkan bahwa jika salah satu program studi di FTK yakni Pendidikan Agama Islam menjadi pilot project dan semoga dapat berhasil meraih akreditasi internasional.

Narasumber, Dr. H. Muhammad Fakhri Husein, S.E., M.Si, memberikan apresiasi kepada UIN Mataram atas pencapaian sebagai salah satu kampus dengan jumlah peminat mahasiswa baru terbanyak saat ini. Ia menekankan bahwa prodi-prodi keagamaan menjadi prioritas dalam pembinaan menuju akreditasi internasional. Dr. H. Muhammad Fakhri Husein, S.E., M.Si, juga menggarisbawahi bahwa pendanaan untuk akreditasi internasional memang lebih mahal daripada akreditasi nasional, namun hal ini dianggap sebagai investasi yang sangat penting. Secara institusional, akreditasi internasional dianggap sebagai magnet untuk menarik dana dan dukungan lainnya, sehingga penting untuk segera mengambil langkah konkret dengan menyelesaikan proses borang internasional.

Selanjutnya, ia mengajak semua pihak untuk berhenti berwacana dan langsung bertindak, karena kerja keras dan keseriusan akan memberikan dampak positif pada hasil yang didapatkan. Menurutnya, dengan akreditasi internasional, dana akan mengalir dengan sendirinya bagi institusi.

Semangat dan komitmen untuk mencapai akreditasi internasional diharapkan dapat mewujudkan visi UIN Mataram sebagai institusi pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing internasional. Andre-Adita@Humas