Mataram: Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru melalui Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) resmi ditutup 19 Maret 2024. Tim Verifikasi Panitia Lokal (Panlok) jalur SPAN-PTKIN UIN Mataram sedang menyeleksi calon Mahasiswa Baru secara daring di Ruang Rapat Akademik.
Berdasarkan data yang diperoleh pada sistem admin SPAN-PTKIN pertanggal 21 Maret 2024, sebanyak 2.484 calon Mahasiswa Baru yang mendaftarkan diri, nantinya akan diverifikasi oleh panitia lokal menjadi 1.142. Jumlah tersebut merupakan kuota calon mahasiswa baru pada jalur SPAN PTKIN yang terdiri dari 23 Program Studi yang ditawarkan di UIN Mataram.
Penanggung Jawab Tim Verifikator UIN Mataram H. Saroji Ilham, MH. menyampaikan bahwa Rektor UIN Mataram telah membentuk tim verifikator yang akan memverifikasi dan memvalidasi data.
“Kami telah memberikan pembekalan pada tim verifikator untuk menyamakan persepsi terkait poin yang akan masuk dalam kriteria penilaian oleh panitia lokal, mulai dari memverifikasi dan memvalidasi input data nilai per mata pelajaran, prestasi, dan status tahfidz dengan berkas data dukung yang diupload berupa raport, sertifikat prestasi dan tahfidz” jelasnya.
lebih lanjut koordinator menjelaskan bahwa tahapan proses pelaksanaan verifikasi ini akan berlangsung secara bertahap hingga 27 Maret 2024 mendatang.
“Tanggal 21-22 Maret 2024 akan dilakukan verifikasi rapor & prestasi PTKIN 1 pilihan 1, 23-24 Maret 2024 akan dilakukan verifikasi rapor & prestasi PTKIN 2 pilihan 1, 25-26 Maret 2024 akan dilakukan verifikasi rapor & prestasi PTKIN 2 pilihan 1, dan 26-27 Maret 2024 akan dilakukanverifikasi rapor & prestasi PTKIN 2 pilihan 2” jelasnya.
Rektor UIN Mataram Prof. Dr. H. Masnun Tahir, M.Ag. menyampaikan rasa bangga dan bahagia karena peminat UIN Mataram tahun ini meningkat, Beliau menyampaikan apresiasi kepada semua pihak terutama sekali kepada semua calon mahasiswa baru jalur SPAN yang telah menjadikan UIN Mataram sebagai kampus pilihan terbaik.
“ Ini menunjukkan bahwa UIN Mataram semakin mendapatkan tempat di masyarakat dan diminati oleh calon mahasiswa baru. Tentu ini menjadi awal yang baik, dan selanjutnya UIN Mataram setelah jalur SPAN-PTKIN, masih ada jalur UM-PTKIN, Mandiri Prestasi dan Lokal Mandiri. Harapannya tersaring calon mahasiswa yang berkualitas sehingga UIN Mataram semakin diminati sesuai sesuai dengan harapan menjadi kampus yang cendekia, terbuka dan Unggul” pungkasnya. Adita@Humas