Dengan semangat yang sama dalam upaya Penguatan Kelembagaan dan Audit Transparansi Akuntabilitas Publik acara ini dihadir paara pimpinan UIN Mataram; Rektor, Wakil Rektor I.II.III, Kepala Biro, Dekan se-UIN Mataram, Direktur Pascasarjana , Ketua LPM, LP2M, Ketua SPI, Tim. Analis Kepegawaian, Analis keuangan dan Kehumasan

Dalam sambutannya  Rektor UIN Mataram Prof. DR. TGH. Masnun Tahir. M.Ag  menyampaikan 4 Point Penting:

Pertama: UIN Mataram terus menerus secara berkelanjutan dan sistemik, terprogram untuk meningkatkan akuntabiltas dan trust masyarakat terhadap UIN Mataram dengan memperbanyak kolaboratif dalam segala bidang. Ini penting untuk meningkatkan daya saing UIN Mataram menuju universitas yang terrekognisi Internasional.

Kedua: Memperkuat peran sentral dan strategis lembaga pengawasan internal seperti SPI dalam upaya mencapai laporan keuangan yang WTP [Wajar tanpa pengecualian]. Penguatan terhadap SPI mutlak dilaksanakan agar tercapai Zero Korupsi dan penyalahgunaan keuangan Negara.

Ketiga: Memperkuat LPM dan LP2M sebagai garda terdepan mengawal mutu akademik dan mengawal mutu riset dan pengabdian. Ini mesti ditingkatkan karena menjadi coor utama univerisitas berkelas internasional.

Keempat: Memperbanyak jaringan-jaringan kemitraan yang berskala nasional dan internasional. Guna tercapainya visi misi UIN Mataram berdaya saing internasional.

Maka agenda hari ini sebagai upaya memperkuat komitmen untuk meningkatkan daya kreativitas, daya produktivitas dan akuntabilitas publik dengan menghadirkan Konsultan Publik Abdul Hamid dan Rekan yang dipimpin oleh Abdul Hamid Cebba yang dapat memberikan masukan dan kritik konstruktif untuk keunggulan UIN Mataram. Mengakhiri sambutannya dilanjutkan dengan membuka acara.

Pada kesempatan yang sama Bapak Abd. Hamid Cebba memberikan arahan terkait akuntabilitas kelembagaan terletak pada empat aspek penting:

Pertama: Leadershif yang akomodatif Humanis yang menghadirkan kenyamanan dan kondisifitas lingkungan universitas. Dengan kepemimpinan Rektor dan Tim Kerja Rektor dapat meningkat atmosfir kampus yang sehat.

Kedua: Penguatan System kontrol akademik yang kuat dengan terobosan tim akademik yang SMART dengan menghadirkan tridharma yang dapat dinikmati oleh masyarakat.

Ketiga: Penguatan sistem Pengawasan keuangan Internal seperti SPI sebagai pilar akuntabilitas internal yang kemudian mendapatkan kepercayaan masyarakat tentang trust dan amanah kelembagaan.

Keempat: Meningkatkan kreatifitas dosen dan tendik untuk kesejahteraan. Meningkatkan pendapatan BLU dengan memperbanyak usaha bisnis yang menghasilkan pendapatan BLU yang tinggi.

Perguruan Tinggi dituntut untuk memperbanyak jaringan bisnis dan kelembagaan agar terciptanya kesejahteraan kampus yang berimbas kepada akuntabilitas publik terhadap UIN Mataram. Kedepan sesuai RIP – Renstra UIN Mataram bergerak menuju PTN BH dengan orientasi utama kemandirian lembaga dalam segala aspek.