Pelaksanaan konfrensi internasional : International Conference on Financial, Bussines and Banking (ICFBB) dengan tema Digital Transformation Optimizing Financial yang diselenggarakan oleh FEBI UIN Mataram pada tanggal 27 Nopember 2023, menjadi momen ilmiah yang menampilkan hasil-hasil penelitian dosen muda UIN Mataram. Di antara dosen muda sebagai peserta yang mempresentasikan hasil-hasil penelitian, adalah Emilai Fitriani, dosen pada program studi Tadris IPS FTK UIN Mataram. Penelitian yang dilakukan oleh Emilia berkolaborasi dengan dosen FEBI Suriani mengangkat permasalahan mengenai peran wanita dalam pengelolaan desa wisata dengan title Sasak Women in The Management of Tetebatu Tourism Village, East Lombok, West Southeast Nusa, Indonesia. Penelitian yang dilakukan Emilia dan Suryani ini bertujuan mengunkap tentang kontribusi perempuan dalam pengelolaan Desa Wisata di Desa Tete Batu Lombok Timur. Temuan yang diperoleh adalah kontribusi para perempuan mulai dari perencanaan, pengorganisasian, dan pelaksana dalam manajemen Desa Wisata di Tete Batu.

Kontribusi perempuan semakin luas tidak hanya sebagai ibu rumah tangga. Dalam deskripsi hasil penelitian Emilia dan Suriani digambarkan bahwa para perempuan dapat berkontribusi dalam pengelolaan sumber-sumber ekonomi dalam memberdayakan diri dan potensi lingkungan sekitar yang sangat signifikan.

Emilia; dosen pada prodi T-IPS FTK UIN Mataram sangat tepat mengangkat permasalahan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini akan dapat menambah referensi dan bahan kajian pada perkuliahan di prodi IPS. Emilia menyatakan ingin melakukan penelitian serupa lebih lanjut dengan tema permasalahan yang lebih luas, dan ingin melibatkan mahasiswa, khususnya mahasiswa pada prodi T-IPS. Harapannya hasil penelitian ini benar-benar berkontribusi bagi pengembangan UKM yang melibatkan lebih banyak perempuan di lokasi penelitian, dan dapat menginspirasi para perempuan lainnya, di lokasi lain yang memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai Desa Wisata…

Selamat dan Sukses