“Selamat Wisuda Mahasiswa/Mahasiswi S1, S2, dan S3 UIN Mataram”
Sabtu, 19 Agustus 2023

Hampir 2, 3, dan 4 tahun sudah kalian mengabdikan diri sebagai seorang al-muta’allim (pembelajar) yang mungkin dari setiap semesternya kadang motivasi, semangat, gairah, dan keistiqomahan dalam menuntut ilmu mengalami dilema pasang surut “yazidu wa yanqush”. Namun kalian dihari yang bersejarah ini membuktikan, kalau kalian adalah orang yang luar biasa kuat, tegar, dalam menghadapi jatuh bangun atas segala tantangan seorang penuntut ilmu.

Oleh sebab itu gapailah masa depan dengan ilmu yang kalian miliki, gelar yang kalian emban saat ini, dan doa kedua orang tua yang selalu membersamai kalian dengan segala kebaikan yang menyertainya. Kejarlah setiap kesempatan, dan peluang yang ada. Karena kesempatan itu seperti matahari terbit, ketika anda terlambat dari waktunya, maka anda akan kehilangannya. Saya teringat sebuah maqolah nasihat dari seorang filosof Islam kontemporer Fahrudin Faiz, mengatakan “Siapapun dia, apapun ilmunya, selama ia serius menekuni bidang ilmunya, maka akan tinggi derajatnya”.

Kalian semua harus sadari bahwa, hari ini kalian dikukuhkan sebagai seorang sarjana, magister, dan doktor dimana semoga pada hari ini Allah swt, mengangkat derajat kalian sebagai insan paripurna (‘alim) yang mampu mengamalkan, mengabdikan, membaktikan ilmu yang selama bertahun lamanya kalian menimbanya di Kampus UIN Mataram untuk Agama, Negara, dan bahkah Dunia-Akhirat.

Pesan besar yang disematkan oleh Gus Menteri Agama Republik Indonesia H. Yaqut Cholil Qoumas kepada kita semua atas apa yang kita raih dalam perjalanan hidup adalah “bersyukurlah kepada Allah swt, berterimakasihlah kepada kedua orang tua, para guru (dosen), dan semua yang pernah berjasa, sehingga mampu meraih gelar Sarjana, Magister, dan Doktor.

Sekali lagi, selamat dan barokah atas Wisudanya 1.261 para insan cendikia Mahasiswa/Mahasiswi UIN Mataram. Ilmu, dan bakti kalian berikan. Adil, dan makmur kalian perjuangkan.

Prof. Dr. H. MASNUN TAHIR, M.Ag.
Rektor