Berita Humas: Rektor Prof. Dr. H. Masnun Tahir didampingi oleh wakil rektor dua dan tiga, serta kepala biro umum dan akademik mengikuti kegiatan expose hasil audit kinerja keuangan badan layanan umum oleh Kantor Akuntan Publik yang dilaksanakan secara daring. Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh seluruh dekan fakultas, direktur, ketua unit, lembaga dan bagian. Senin (02/08)

Rektor dalam sambutanya menyampaikan bahwa perkembangan jumlah dan pendapatan BLU UIN Mataram yang mengalami progress cukup bagus, pendapatan yang terus meningkat setiap tahun sejak 2016. Hal tersbut juga yang telah menghantarkan UIN Mataram mendapat penghargaan Nasional menjadi BLU Terbaik tingkat Nasional dalam hal tata kelola keuangan tahun anggaran 2020.

Prof Masnun juga sependapat dengan apa yang disampaikan oleh Ibu Menteri Keuangan beberapa waktu yang lalu terkait dengan beberapa Kebijakan BLU untuk tahun 2021 yaitu mulai dari peningkatan kualitas pelayanan, peningkatan kinerja BLU, optimalisasi kas BLU dan modernisasi pengelolaan BLU melalui teknologi informasi.

Beliau juga menegaskan bahwa meskipun dalam kondisi pandemi COVID-19 adalah sesuatu yang extraordinary bukan biasa muncul dan ada setiap tahun, ini adalah situasi yang luar biasa yang kita hadapi. Namun kita harus tetap optimis dalam membangun system kerja yang lebih baik, melalui pemanfaatan tekhnologi informasi sperti sekarang ini adalah menajdi alternative terbaik untuk menjawab berbagai persoalan termasuk layanan BLU ini.

Karo Umum Dr. H. Badrun, M.Pd. mengomentari expose hari ini adalah salah satu indikator keseriusan lembaga untuk memperbaiki, meingkatkan tata kelola keuangan yang lebih baik. Satker BLU UIN Mataram termasuk dalam 244 satker BLU di Indonesia yang merupakan agency menjadi organisasi yang professional dengan tata kelola yang baik.

Dr Badrun menambahkan bahwa salah satu terobosan penting juga yang telah diupayakan lembaga adalah membetnuk dewan pengawas atau yang disebut Dewas. Peran strategis dari dewas sangat dibutuhkan, dan selama ini diakuinya bahwa Dewas BLU UIN Mataram telah menjalankan fungsi dengan baik.

Rektor menegaskan bahwa seluruh capaian kinerja BLU UIN Mataram selama ini telah menunjukkan progress yang cukup bagus. Namun tetap harus ditingkatkan dengan berbagai upaya yang terus dilakukan untuk perbaikan dan inovasi dalam meningkatkan tata kelola dan bisa menjadi the best diantara 244 BLU di Indoensia. (Adita@Humasuinma)