Uinma.Com: Deretan gedung bernuansa hijau nan megah di kampus dua, terdapat salah satu gedung yang dihuni oleh ratusan santri Ma’had Al Jami’ah UIM Mataram. Dalam sebulan terdapat puluhan santri menyelesikan hafalanya 30 juz memperoleh gelar Al-Hafiz/Hafizoh. Ditempat inilah ratusan santri yang juga merupakan mahasiswa aktif yang menjalani hari-harinya di asrama dengan untuk menghafal Al-Qur’an. Rabu (21/07)

Kepala Ma’had Al Jamiah Dr. H. Lalu Busairi menyatakan bahwa aktivitas para santri setiap saat adalah selalu berbicara dengan Al-Qur’an, hampir seluruh waktunya di asrama dialokasikan untuk dekat dengan Al-Qur’an.

Disamping rutinitas menghafal Al-Qur’an, para santri juga dibekali dengan ilmu-ilmu lain seperti nahwu, shoraf, tafsir, kitab2 lain yang menjadi program extra selama di asrama. Seluruh santri diberikan target yang sama selama menjadi santri yaitu harus menguasai hafal Al-Qur’an 30 juz.

Dr. H. Lalu Busairi menegaskan bahwa dari tahun ke tahun perkembangan asrama ini telah melahirkan ratusan Tahfiz sejak dibentuk pada tahun 2017 silam. Hingga kini jumlah alumni penghafal Al Quran sebanyak 250 orang

Rektor Prof Dr H Mutawali menilai bahwa perkembangan prestasi Mahad Ali sangat menggembirakan bila dilihat dari produk para hafiz/hafizoh yang hampir setiap minggu selalu ada yang hotam 30 juz. Tentu itu adalah prestasi unggulan dunia ahirat dan akan menjadi magnet besar kampus ini. (UC-005)