Pengelola PPG UIN Mataram menjadi Host di 5 Ruang Zoom

Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK) UIN Mataram dipercaya oleh Panitia Nasional sebagai penyelenggara seleksi calon penguji Uji Kinerja (UKIN) Pendidikan profesi Guru (PPG) Se-Indonesia. Acara berlangsung dari tanggal 7-8 September 2021, diikuti oleh 1008 orang calon penguji unsur Dosen dan Guru dari 28 LPTK PTKIN.  

Bertindak sebagai narasumber dan tim penyeleksi adalah Panitia Nasional berjumlah 15 Orang dari Kemendikbud Ristek RI dan Kementerian Agama RI. Acara dimulai Dengan pengarahan Direktur DIKTIS Kemenag RI Prof Dr. Suyitno, M.Ag. Dalam arahannya, Direktur mengapresiasi kinerja LPTK UIN Mataram dan menegaskan bahwa proses rekrutmen Calon Penguji Ukin ini merupakan tahap penting dalam rangkaian UKM PPG. LPTK harus menyediakan penguji dari unsur Dosen dan Guru yang linear dengan bidang keilmuan PPG di masing-masing LPTK.

Ketua LPTK dan Pengelola PPG UIN Mataram

Setelah sesi pembukaan, selanjutnya peserta dibagi menjadi 5 Room sesuai MAPEL dan dipandu oleh 3 orang narasumber tim panitia nasional di setiap ruangan. Ragam materi disampaikan narasumber disetiap sesi mulai dari Latihan Praktek Menilai RPP, Praktek Menilai Pelaksanaan Pembelajaran, dan Praktek Menilai Portofolio. Pada sesi akhir, diisi dengan refleksi antara peserta dan narasumber, narasumber mengingatkan kepada peserta agar dalam melakukan penilaian Uji Kinerja untuk tetap mengacu pada rubrik penilaian dan memperhatikan objektivitas dari RPP, PP dan Portofolio guru. hal ini bertujuan agar peningkatan kualitas kompetensi guru dan berdampak pada kualitas peserta didik.

            Bagi Penguji yang lulus seleksi akan memperoleh Nomor Register Penguji (NRP) dari Kemendikbud Ristek RI dan dapat ditugaskan sebagai penguji UKin yang akan berlangsung pada tanggal 15-17 September 2021, demikian disampaikan oleh Ketua Uji Kinerja LPTK UIN Mataram, Dr. Syamsul Arifin, M.Ag. (elqudsy)

%d blogger menyukai ini: