Ulasan.Com: Alhamdulillah semoga kita senantiasa sehat walafiat dalam melaksanakan aktivitas dan rutinitas. Masih dalam suasana hari raya idul adha 1442 H, tepatnya kita masih berada pada hari Tasyrik (11, 12, & 13 Dzulhijjah) kita dianjurkan untuk memperbanyak doa sapu jagat. Rabu (21/07)

Allah Ta’ala berfirman, “Apabila kamu telah menyelesaikan ibadah hajimu, maka berzikirlah (dengan menyebut) Allah, sebagaimana kamu menyebut dan membanggakan nenek moyangmu, atau (bahkan) berzikirlah lebih banyak dari itu. Maka di antara manusia ada orang yang berdoa: “Ya Tuhan kami, berilah kami (kebaikan) di dunia”, dan tiadalah baginya bagian (yang menyenangkan) di akhirat.

Sebagian di antara mereka juga ada orang yang berdoa: “Robbana aatina fid dunya hasanah wa fil akhiroti hasanah wa qina ‘adzaban naar” [Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka].” (QS. Al Baqarah: 200-201).

Dari ayat tersebut ulamak menganjurkan kita membaca doa yang lazim kita kenal dengan doa sapu jagat di hari-hari #tasyrik. Doa sapu jagat ini terkumpul di dalamnya seluruh kebaikan, bahkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam paling sering membaca doa ini.

Anas bin Malik mengatakan, “Doa yang paling banyak dibaca oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam “Allahumma Robbana aatina fid dunya hasanah wa fil akhiroti hasanah wa qina ‘adzaban naar.” (HR. Bukhari no. 2389 dan Muslim no. 2690).

Sebagimana Imam Al Hasan Al Bashri mengatakan, “Kebaikan di dunia adalah ilmu dan ibadah. Kebaikan di akhirat adalah surga.” Sufyan Ats Tsauri mengatakan, “Kebaikan di dunia adalah ilmu dan rezeki yang tayib. Sedangkan kebaikan di akhirat adalah surga”.

Sedangkan Abu Musa Al Asy’ariy berkata ketika berkhotbah di hari An Nahr (Iduladha), “Tiga hari setelah hari An Nahr (yaitu hari-hari tasyrik), itulah yang disebut oleh Allah dengan ayyam ma’dudat (hari yang terbilang). Doa pada hari tersebut tidak akan tertolak (pasti terkabul), maka segeralah berdoa dengan berharap pada-Nya. Wallahua’lamubissowab (UC-001)

%d blogger menyukai ini: