Berita Humas: Rektor Prof Dr H Mutawali bertindak selaku inspektur upacara dalam rangka memperingati hari lahir kementerian agama Republik Indinesia yang ke 75, upacara yang dilaksanakan dengan standard protokol covid -19 berlangsung di halaman rektorat kampus 1 Jl . Pendidikan yang diikuti oleh 100 orang peserta. Selasa (0501)

Upacara yang bertema  Indonesia Rukun dimulai pukul 08.00 wita berlangsung secara hidmat, selanjutnya pada amanat upacara dibacakan sambutan Menteri Agama Republik Indonesia yang disampaikan langsung oleh Inspektur Upacara, Rektor UIN Mataram Prof Dr. H Mutawali, M. Ag.

Di antara poin-poin dalam sambutan itu adalah Menteri Agama RI menyampaikan bahwa Pengembangan toleransi dan kerukunan antar umat beragama merupakan karya bersama para Tokoh Agama, para Menteri Agama dan aparatur Kementerian Agama dari masa ke masa.

Dalam sambutan itu juga disampaikan di negara yang berdasarkan Pancasila ini, tidak ada diktator mayoritas atau tirani minoritas. Dalam kaitan itu, semua umat beragama dituntut untuk saling menghormati hak dan kewajiban masing-masing, di mana hak seseorang dibatasi oleh hak-hak orang lain.

Semangat Kementerian Agama baru itu dapat diterjemahkan dengan beberapa kata kunci. Pertama, manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik. Kedua, penguatan moderasi beragama. Ketiga, persaudaraan, yang meliputi merawat persaudaraan umat seagama, memelihara persaudaraan sebangsa dan setanah air dan mengembangkan persaudaraan kemanusiaan.

 Disebutkan sejak Kementerian Agama diresmikan.pada 3 Januari 1946 banyak sudah torehan sejarah yang dibangun dalam rangka menuju cita cita Indonesia. Selain itu Kementerian Agama RI selalu membangun kehidupan bertoleransi yang merupakan penjabaran dari Pancasila dan UUD 1945.

Pada kesempatan tersebut, rektor memberikan Satya Lencana kepada 33 orang ASN UINMA yang telah mengabdi 10 dan 20 tahun, selain itu rektor juga melepas purna tugas yaitu Dr. Zulkarnain, M. Pd., Dr. H. Natsir, M. Pd. dan H. Marzuki, S.Sos.  (Adita@Humasuinma)

%d blogger menyukai ini: