Berita Humas: Tes Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN) secara daring mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) atas ujian masuk perguruan tinggi dengan Sistem Seleksi Elektronik (SSE) secara daring terbanyak. Penghargaan ini diberikan oleh perwakilan pihak MURI kepada Panitia Nasional UM PTKIN pada acara Malam Anugerah dan Rapat Kelulusan UM PTKIN 2020 di Jakarta, Jumat (21/8).

Berdasarkan data dari Panitia Nasional UM PTKIN, jumlah yang berhak mengikuti ujian SSE 132.929 peserta. Sedangkan yang mengikuti tes SSE sebanyak 118.414 peserta atau tingkat partisipasinya sebesar 89,08 persen.

Meski dalam massa pandemi, lonjakan peminat UM PTKIN juga cukup tinggi. Pada tahun 2020 tercatat sebanyak 135 444 pendaftar. Angka ini meningkat dari tahun sebelumnya berjumlah 122981 pendaftar dan pada 2018 sebanyak 103444 pendaftar.

Selain Rektor dan pimpinan PTKIN, hadir pada kesempatan tersebut Menteri Agama RI, Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama, Direktur Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, sejumlah Kepala Daerah dan undangan lainnya.

Menteri Agama (Menag) RI Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi mengapresiasi atas penghargaan tersebut. Menurutnya, inovasi yang dilakukan PTKIN tersebut merupakan terobosan dalam menyesuaikan dengan kondisi dan perkembangan teknologi.

Dia mengaku banyak menerima masukan dari para Rektor dan pimpinan PTKIN. Menurutnya, para Rektor tersebut seperti staf khusus yang bersedia memberikan pemikiran-pemikiran yang cerdas dan langkah-langkah yang dapat  dilakukan ke depan.

Tak hanya itu, Menag tak bosan mengingatkan kita untuk bersikap moderat dan menebar kasih sayang. “Pegangan yang paling utama adalah Islam itu sebagai rahmat untuk alam semesta. Pemberian piagam penghargaan dari pihak MURI yang diterima oleh Ketua Panitia Nasional UM PTKIN Prof. Dr. Mahmud, M.Si.

Rektor Prof Dr H Mutawali bersama wakil rektor bidang akademik Prof Dr H Masnun yang mengikuti FGD penentuan kelulusan melalui zoom meeting menyatakan bahwa tahun ini UIN Mataram akan menerima 2 345 orang mahasiswa. Adapun peminat yang mendaftarkan diri di UIN Mataram tahun ini diperkirakan lebih dari 15 ribu melalui 3 jalur seleksi yang disediakan

Ibu Endrawati, S.Kom sebagai Tim TIK yang hadir lansgung pada acara FGD rapat kelulusan UM-PTKIN yang dilaksanakan di Jakarta menegaskan bahwa hari ini semua data sudah final.  Adapun hasil UM PTKIN 2020 akan diumumkan pada 24 Agustus 2020, Ibu Endrawati  melalui laman https://um-ptkin.ac.id dan https://www.uinmataram.ac.id. (NF.HI-Adita@Humasuinmataram)

%d blogger menyukai ini: