Berita Humas: Sebanyak 132. 929 peserta mengikuti Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) secara Nasional dengan menggunakan Sistem Seleksi Elektronik (SSE) secara daring, ini adalah hari kedua berlangsungnya kegiatan ujian di UIN Mataram, Selasa (04/08/20)

Wakil Rektor Bidang Akademik UIN Mataram Prof. Dr. H. Masnun Tahir didampingi oleh Kabag Akademik dan Kabag Humas di ruangan ujian menjelaskan Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dikarenakan pandemik Covid-19.

Adapun kriteria penilaian UM-PTKIN pada tahun 2020 ini menggunakan dua kriteria yaitu nilai rapor yang telah dimasukkan oleh masing-masing peserta saat pendaftaran dan ujian secara online atau daring.

Secara tekhnis juga Kabag Akademik Drs. Nuruddin, MH. Menegaskan bahwa Sistem Seleksi Elektronik UM-PTKIN secara daring diikuti oleh 3. 921 peserta, terdiri dari peserta jurusan IPA dan IPS.

Lebih lanjut kabag akademik menerangkan bahwa Pelaksanaan SSE online dilaksanakan 3 sesi setiap harinya, untuk setiap sesi selama 100 menit dengan jumlah soal yang diujikan sebanyak 90 soal terdiri dari: Pertama, Penalaran Verbal dan Penalaran Kuantitatif; Kedua, Bahasa Arab; Ketiga, Bahasa Inggris; Keempat, Pengetahuan Keislaman; Kelima, IPS terpadu untuk Jurusan IPS; dan Keenam, Matematika dan IPA Terpadu untuk Jurusan IPA.

Alhamdulillah pelaksanaan tes UM-PTKIN secara online pada hari pertama berjalan lancar, aman dan terkendali sesuai arahan dari Ketua Umum UMPTKIN. Mudah-mudahan dengan adanya kriteria penilaian nilai rapor dan ujian secara online dapat mempersiapkan calon mahasiswa yang unggul dan kompetitif. (Adita@Humasuinmataram)

%d blogger menyukai ini: