Berita Humas: Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di Universitas Islam Negeri Mataram mulai dilaksanakan serentak secara nasional mulai hari ini, kegiatan yang akan diselenggarakan selama 4 hari tersebut dilaksanakan secara online dengan tiga sesi per hari sebagaimana jadwal yang telah ditentukan, Senin (03/08).

Kabag Akademik dan Kemahasiswaan Drs. Nurudin, MH. kepada humas  menyatakan bahwa seluruh peserta secara normal akan mengikuti ujian secara online. Adapun tahapan proses ujian online ini sesugguhnya sama seperti offline yaitu para peserta diberikan jadwal, hari, tanggal, dan sesinya, semuanya dikerjakan dari rumah masing-masing dengan persyaratan dan ketentuan panitia.  

Lebih lanjut pak Din panggilan krennya menegaskan bahwa seleksi penerimaan mahasiswa baru Jalur UM-PTKIN ini secara keseluruhan diikuti oleh 3.912 peserta. Sebelumnya panitia telah melakukan simulasi ujian untuk memastikan kelancaran proses ujian yang digerlar serentak, mulai dari kelengkapan perangkat, personalia sampai kelancaran jaringan internet.

Karo AAKK Drs. H. Subuhi, M.Pd.I, mengungkapkan bahwa ujian online di hari pertama ini berjalan lancar dan normal, semoga pelaksanaan ujian sesi berikutnya juga bisa berjalan lancar dan peserta bisa maksimal. Dia juga menghimbau kepada para peserta yang akan mengikuti sesi berikutnya untuk betul-betul mempersiapkan diri terkait materi maupun perangkat ujian yang diperlukan.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof. Dr. H. Masnun secara tekhnis menjelaskan, bahwa pelaksanaan UM-PTKIN secara online ini dikarenakan saat ini masih dalam situasi pandemic, sehingga tidak memungkinkan untuk dilakukan secara offline.

Lebih lanjut beliau menyatakan bahwa berdasarkan kebijakan panitia pusat untuk UM-PTKIN ini dilakukan secara online agar protokol kesehatan dapat lebih terjamin untuk menghindari penyebaran Covid-19. 

Rektor Prof Dr H Mutawalai dalam sidaknya di ruang ujian berharap semoga semua proses berjalan lancar, beliau mengapresiasi persiapan dan pelaksanaan yang sangat bagus oleh panitia.  Semoga tidak ada kendala dalam pelaksanaan ujian ini, kita berharap semoga ujian ini dapat berjalan normal secara online, sebagai solusi alternative terbaik di era New Normal ini. (Adita@Humasuinmataram)

%d blogger menyukai ini: