Berita Humas: Dalam rangka memberikan layanan kepada para calon mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan di wilayah Timur Tengah, Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam  menandatangani perjanjian kerjasama dengan Organisasi International Alumni Al Azhar Cabang Indonesia tentang Seleksi, Pendaftaran, Pelatihan Bahasa, Pemberangkatan, Dan Pembinaan Calon Mahasiswa.

Hadir dalam penandatanganan tersebut Direktur PTKI, Prof. Dr. Arskal Salim, MA, Sekjen Organisasi International Alumni Al Azhar Cabang Indonesi Muchlis M. Hanafi, Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama, Kasi Kerjasama dan perwakilan Pusat Bahasa PTKIN seluruh Indonesia.

Menurut Arskal Salim kerjasama ini sangat baik dan semoga berdampak positif terhadap pelaksanaan seleksi calon mahasiswa ke Timur Tengah khususnya ke Al Azhar. “Perjanjian ini tidak hanya terbatas kepada proses seleksi namun juga pelatihan bahasa, proses pemberangkatan serta pembinaan mahasiswa selama di Kairo Mesir”, jelas Arskal.

Lanjut Arskal bahwa Pembinaan Mahasiswa di Kairo ini sangat penting agar ketika mereka kembali akan menjadi duta ambasador pengembangan Islam yang moderat dan tetap memiliki komitmen kebangsaan terhadap NKRI.

Pada kesempatan yang sama Sekjen OIAA Cabang Indonesia Muchlis M. Hanafi menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kementerian Agama atas perhatian yang cukup besar terhadap layanan calon mahasiswa ke Al Azhar yang setiap tahun mengalami peningkatan.

Rektor UIN Mataram Prof Dr. H Mutawali sangat mengapresiasi prestasi ketua lembaga bahasa Dr. Yek Amin Aziz, M. Pd.  yang telah mampu menjadi bagian penting dalam melanjutkan kerjasama antar Negara yang digagas beberapa waktu lalu.

Dr. Yek Amin dihadapan rektor menegaskan  bahwa usai penandatanganan kerjasama, selanjutnya akan melakukan persiapan sebagai bentuk pembinaan hal-hal prrinsip dan tekhnis yang dibutuhkan oleh adik-adik calon mahasiswa yang yang akan dikirim dari UIN mataram ke berbagai universitas di Timur Tengah.

Kepala pusat bahasa telah mampu mensejajarkan UINMA bersanding dengan 19 Universitas di Indonesia sebagai tim seleksi mahasiswa beasiswa tahun ini. Selanjutnya dalam waktu dekat ini, UIN Mataram akan melakukan berbagai kegiatan pengembangan kemampuan akademik-keilmuan, keterampilan dan keahlian, selanjutnya juga akan membentuk tim seleksi sesuai dengan petunjuk teknis pelaksanaan seleksi mahasiswa beasiswa ke Timur Tengah. (Adita@Humasuin)

%d blogger menyukai ini: