Setelah sukses menggelar kegiatan 1st International Conference on Finance, Business, and Banking (ICFBB) pada Selasa, (22/10/19) lalu, FEBI kembali merajut jejaring luar negeri dengan Universiti Teknology Mara, Melaka, Malaysia. Kali ini, FEBI UIN Mataram mengadakan Simposium Antarbangsa dengan Fakulti Pengurusan Hotel dan Pelancongan UiTM Malaysia. Kegiatan ini dilangsungkan pada Sabtu, (26/10/19) dengan tema Pelancongan Serumpun Indonesia-Malaysia 2019. Kegiatan merupakan kegiatan kedua dari rangkaian kerja sama dengan UiTM. Kegiatan pertamanya adalah memberikan bantuan kepada korban gempa di Lombok Utara. Salah satu sasarannya adalah mahasiswa FEBI UIN Mataram yang pernah berkunjung ke UiTM. Rangkaian kegiatan kerja sama ini diagendakan sampai tanggal 28/10/19 mendatang.

Simposium Antarbangsa ini dihadiri oleh unsur kedua lembaga yaitu Wakil Rektor III, Ketua Kajian Pengurusan Hotel dan Pelancongan, dosen, dan beberapa perwakilan mahasiswa UiTM, Melaka, Malaysia. UIN Mataram sebagai tuan rumah kegiatan ini menghadirkan Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Dekan dan Wakil Dekan di lingkungan FEBI, Ketua dan Sekretaris Jurusan, Dosen, dan perwakilan mahasiswa.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan kedua negara. Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan Dekan FEBI UIN Mataram, Dr. H. Ahmad Amir Aziz, M.Ag. Dalam sambutannya, Dekan FEBI UIN Mataram mengawali dengan pantun untuk menunjukkan apresiasi atas kedatangan rombongan dari UiTM. Dekan FEBI UIN Mataram mengungkapkan rasa haru setelah mendengar lagu kebangsaan kedua negara dinyanyikan. Dekan FEBI menyampaikan bahwa Kegiatan hari ini adalah bentuk tindak lanjut MoU yang telah kita sepekati beberapa waktu lalu. “Kerja sama FEBI dengan UiTM merupakan kerja sama paling produktif ditandai dengan telah terlaksananya beberapa kegiatan misalnya conferensi internasional, dan termasuk kegiatan simposium yang sekarang kita gelar” ungkap Dekan FEBI UIN Mataram.

Sementara itu, Wakil Rektor III UiTM yang menyampaikan beberapa informasi dan profil Universiti Teknologi Mara, (UiTM) Melaka, Malaysia berharap bahwa  kerja sama harus terus berlanjut. “Semoga kerja sama ini tidak terhenti sampai di sini, kami dari UiTM menunggu kedatangan delegasi FEBI UIN Mataram” katanya menutup pidato pengantarnya.  

Dalam kegiatan ini, Wakil Rektor II UIN Mataram, Dr. Faizah, M.A. yang mewakili Rektor menyampaikan salam takzim dari Rektor yang saat ini sedang kunjungan ke China beserta rombongan Gubernur NTB. Wakil Rektor II menyampaikan permakluman/permohonan maaf karena tidak bisa menerima rombongan di kampus UIN Mataram karena gedung UIN Mataram sedang direnovasi akibat gempa. “Kami menyampaikan permohonan maaf karena harus menjamu rombongan dari UiTM di tempat lain karena kampus kami sedang direnovasi, kalau 2020 rombongan UiTM berkunjung lagi, kami pastikan bisa menikmati sarana dan fasilitas di kampus kami” Ungkap WR II.

Wakil Rektor II UIN Mataram juga menyampaikan bahwa UiTM dan UIN Mataram sebetulnya telah memiliki MoU berupa pertukaran mahasiswa yaitu ada mahasiswa UIN yg kuliah di UiTM dan ada mahasiswa UiTM yang kuliah di UIN, namun hal ini belum terlaksana karena persoalan administrasi yang agak ribet sehingga belum bisa terlaksana sehingga symposium ini menjadi alternatif. “Kerja sama dalam bentuk lain tentu sangat diharapkan misalkan pada aspek penelitian/join research sehingga bermanfaat bagi kedua lembaga terutama untuk mendukung proses akreditasi” Ungkapnya sebelum menutup sambutan. Setelah sambutan, Wakil Rektor II langsung membuka acara secara resmi.

Setelah acara pembukaan, kegiatan dilanjutkan konferensi pers dan simposium dalam bentuk presentasi paper dari kedua pihak. Presenter dalam simposium ini berjumlah 14 orang, 10 orang dari UiTM dan 4 orang dari FEBI UIN Mataram. Beberapa tema paper menarik dan terkait dengan tema simposium ini adalah Changes in Skills: The Requirements for New Tourism Trend, Information Technology & Tourism: A Review of Selected Applications, Exploring Attributes of Smart Tourism Destination, dan lain-lain. Target akhir pelaksanaan simposium ini adalah penerbitan buku hasil kolaborasi para penulis paper baik dari UiTM maupun dari UIN Mataram. (Ak)

%d blogger menyukai ini: