Berita Humas: Wakil rektor 1 Prof. Dr. H. Masnun Tahir M. A.g menjadi inspektur upacara pelaksanaan hari santri tahun 2019 di UIN Mataram. Kegiatan berlangsung di halaman kampus satu dan dihadiri oleh dosen serta Tenaga Kependidikan UIN Mataram lengkap dengan atribut sarungan (22/10/2019).

Tema hari santri nasional tahun ini adalah santri untuk perdamaian dunia. Tema ini sangat vital dan menjadi kebutuhan dunia saat ini. Meneruskan tema tahun 2018, peringatan Hari Santri 2019 mengusung tema “Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia”. Isu perdamaian diangkat berdasar fakta bahwa sejatinya pesantren adalah laboratorium perdamaian.

Sebagai laboratorium perdamaian, pesantren merupakan tempat menyemai ajaran Islam rahmatanlilalamin, Islam ramah dan moderat dalam beragama. Sikap moderat dalam beragama sangat penting bagi masyarakat yang plural dan multikultural. Dengan cara seperti inilah keragaman dapat disikapi dengan bijak serta toleransi dan keadilan dapat terwujud. Semangat ajaran inilah yang dapat menginspirasi santri untuk berkontribusi merawat perdamaian dunia.

Sambutan Menteri Agama Republik Indonesia Pada Upacara Peringatan Hari Santri 2019 Tanggal 22 Oktober 2019 setidaknya memuat sembilan alasan dan dasar mengapa pesantren layak disebut sebagai laboratorium perdamaian.

Pertama; Kesadaran harmoni beragama dan berbangsa. Kedua; Metode mengaji dan mengkaji. Ketiga; Para santri biasa diajarkan untuk khidmah (pengabdian). Keempat; Pendidikan kemandirian; Kelima; Gerakan komunitas seperti kesenian dan tumbuh subur di pesantren; Keenam adalah Lahirnya beragam kelompok diskusi dalam skala kecil maupun besar untuk membahas hal-hal remeh sampai yang serius; Ketujuh; Merawat khazanah kearifan local; Kedelapan; Prinsip Maslahat (kepentingan umum) merupakan pegangan yang sudah tidak bisa ditawar lagi oleh kalangan pesantren; Kesembilan; Penanaman spiritual.

Kasubag Humas Suhirman Adita dikonfirmasi paska upacara mengatakan bahwa Santri menjadi agen perdamaian, yang menjiwai ruh perjalanan bangsa ini. Menilik kebelakang bagaimana santri menjadi bagian dari entitas penting dalam mengisi kemerdekaan di negeri Indonesia.

Santri menjadi pioner peradaban yang kuat dan cerminan kekuatan muslim civil society di Indonesia. Akhirnya Selamat Hari Santri tahun 2019.

%d blogger menyukai ini: