Rabu, 25 September 2019 telah berlangsung orientasi akademik Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan untuk Guru Madrasah kuota tahun 2019. Kegiatan ini diikuti oleh 185 Orang peserta dari guru-guru yang tersebar di pulau Lombok dan pulau Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Orientasi dihadiri langsung oleh Kepala Seksi Bina Guru MI dan MTs pada Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Kemenag RI, Mustofa Fahmi, M.Ed.

Orientasi Akademik diawali Laporan Ketua Pengelola PPG Dr. Abdul Quddus, MA. Dalam laporannya, ketua pengelola menyampaikan timeline pelaksanaan PPG Daljab Madrasah tahun 2019 yang hari ini telah memasuki persiapan Lokakarya. PPG Daljab dilaksanakan dengan pola Hybrid Learning, dimana pendalaman pedagogik, profesional yang berjumlah 10 sks dan perangkat pembelajaran 3 sks dilaksanakan dalam bentuk pembelajaran daring (dalam jaringan).

Selanjutnya Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) sekaligus sebagai Ketua LPTK UIN Mataram Dr. Hj. Lubna M.Pd dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para guru yang telah Lulus tahap pembelajaran Daring dan bersiap-siap take off untuk mengikuti Lokakarya selama 5 Minggu. Dekan mengharapkan para guru segera melakukan ‘taubat daring’ dengan mengevaluasi aktifitas pembelajaran selama 3 bulan kemarin sehingga kualitas pembelajaran ditahap berikutya dapat terus diperbaiki dan disempurnakan. Sebagai akhir sesi pembukaan, orientasi dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor 3 Dr. Hj. Nurul Yakin M.Pd. Dalam arahannya, Ia mengapresiasi kinerja Dekan dan jajarannya yang telah berhasil lulus UKM PPG tahun 2018 dengan nilai di atas rata-rata nasional dan bahkan mampu sejajar-bersaing dengan beberapa PTKIN yang sudah mapan. Apresiasi dan ucapan selamat juga disampaikan untuk peserta tahun 2019 yang telah Lulus pembelajaran Daring selama 3 bulan dan mengharapkan kesuksesan ini berlanjut di tahap berikutnya. Setelah menjadi Guru professional nanti, diharapkan para guru benar-benar mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan skill yang telah diperdalam selama mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) di LPTK UIN Mataram.

Pada Seksi Materi, Kepala Sesi Bina Guru MI dan MTs Mustofa Fahmi, M.Ed yang merupakan jebolan dari Master Education La Trobe University Melbourne Australia tampil menggebrak dengan bangkitkan semangat guru untuk percaya diri dan semangat bersaing menjadi guru profesional yang berwawasan Islam moderat di era industry 4.0. Dalam Sesi ini, banyak informasi penting terkait PPG diperoleh para guru, mulai dari regulasi, alur seleksi, proses pembelajaran sampai dengan pencetakan sertifikat. Para guru nampak antusias mengikuti materi Kasi Madrasah tersebut karena selain materi tentang Pembelajaran Daring dan Kurikulum PPG (Lokakarya, PPL dan UKM PPG), banyak cerita menarik dan inspiratif guru nasional yang diceritakan, mengingat Fahmi sudah lebih 7 tahun ikut mendesain kebijakan pengembangan Karir Guru dan menangani nasib guru di direktorat GTK Madrasah Kemenag RI. Fahmi juga menceritakan bagaimana knowledge dan skill guru di dunia termasuk Amerika. Pengalaman tersebut diperoleh menurutnya setelah ia ikuti seleksi internasional bergengsi dan terpilih mewakili Indonesia dalam ajang study of the US Institutes for Secondary Educators (Administrators) bersama 20 peserta dari 20 negara di Asia, Eropa, dan Amerika untuk belajar sekaligus mendalami analisa kebijakan tentang pengembangan guru di Amerika selama lima minggu tahun 2019 ini. Pada akhir Sesi, sebagai Kasi Bina Guru Madrasah, Ia menitip pesan Kementerian agar para guru terus menjaga semangat, disiplin untuk mengikuti tahapan-tahapan PPG di LPTK UIN Mataram, sehingga pada akhirnya nanti dapat ditetapkan sebagai guru professional. (el-qudsy)

%d blogger menyukai ini: